Komitmen & Hutang

Bagikan

mungkin ini pertama kalinya saya menulis, atau mungkin sudah sekian lama tidak menulis dengan niat hehe.

Seberapa pentingnya sebuah komitmen?

janji, kepercayaan, dipercaya, amanah.. mungkin itu kata-kata yang bisa mewakili sebuah kata diatas (“komitmen”).

ilustrasi beri uang, bayar utang

Jika ada hutang, ya komitmen dibayar, bahkan jika sudah ada uangnya sebelum hari yang di tentukan. maka si pemilik hutang akan makin mempercayai kita jika kita bisa membayar sebelum hari -“H’ nya. jelas reputasi makin meningkat di mata orang lain, kita makin dipercaya, dan makin baik hubungan seterusnya.

Tidak sedikit orang yang ingkar terhadap komitmen, padahal jika masalah komitmen ini di remehkan, imbasnya bisa besar.. bahkan parahnya jika sudah menjadikan kebiasaan “meremehkan janji” akan menjadi habit atau kebiasaan, kebiasaan akan menjadi karakter. dan karakter akan sulit dilepas. “Karakter orang yang ingkar janji”, kan ngeri kalo kita punya cap seperti itu, makin banyak orang yang “memusuhi” kita, rejeki kita makin seret..! kok bisa rejekinya seret?, jelas… jika kita memiliki banyak relasi, tapi reputasi nihil atau kurang, maka akan banyak peluang yang akan hilang nantinya.

Solusinya? bangun habit komitmen.. misal bayar listrik di hari pertama tagihan turun, jangan pas tagihan jatuh tempo, pdam, internet, dll juga begitu.

Facebook Comments

Bagikan